Software Komputer terbagi menjadi dua bagian yaitu :
- System Software yaitu Instruksi yg mengelola sumber daya hardware
- Software Aplikasi yaitu Instruksi yang melakukan tugas yang spesifik dari pengguna
- System Control Programs berfungsi Mengontrol penggunaan semua sumber daya sistem (hardware, software, data); sistem operasi
- System Support Programs berfungsi Mendukung secara khusus kemampuan program .
- Bahasa Mesin (generasi pertama dari bahasa pemrograman)
- Terdiri dari bilangan biner (0s, 1s)
- Bahasa satu satunya yang dipahami komputer
- Bahasa Assembly (generasi kedua dari bahasa pemrograman)
- Korespondensi satu satu dengan bahasa mesin
- lebih user-friendly dari pada bahasa mesin
- Assembler – program yang menterjemahkan bahasa assembly ke bahasa mesin
- Bahasa prosedural (bahasa generasi ketiga)
- Satu instruksi diterjemahkan kedalam banyak instruksi bahasa mesin
- Program mendeskripsikan proses dari komputer langkah per langkah
- mendekati natural language; menggunakan kata yang umum
- Contoh: Cobol, C, Fortran, QuickBasic
- Menterjemahkan keseluruhan program sekaligus
- Menterjemahkan dan mengeksekusi satu sumber program pada satu waktu
- Bahasa Nonprocedural (bahasa generasi keempat)
- Memungkinkan pengguna untuk menentukan hasil yang di inginkan tanpa harus menentukan prosedur rinci yang diperlukan untuk mencapai hasil
- Contoh – data base query language – SQL
- Bisa digunakan untuk non technical users
- Natural Language Programming Languages (bahasa generasi kelima)
- Menterjemahkan bahasa alami kedalam struktur atau bentuk yang bisa dibaca oleh mesin
- Visual Programming Languages
- menggunakan graphical environment
- Contoh : Visual Basic and Visual C++
- Populer untuk non technical users
- Hypertext Markup Language (HTML)
- Standar bahasa yg digunakan di World Wide Web
- mengandung teks, gambar, dan berbagai jenis informasi seperti file data, audio, video, dan executable computer programs
- Extensible Markup Language (XML)
- Peningkatan pada fungsionalitas web document
- Component-ware
- Komponen dari Software yang bisa dirakit oleh pengembang saat dibutuhkan
- “Plug and Play” software development
- Virtual Reality Modeling Language (VRML)
- Format file untuk mendeskripsikan objek dan dunia interaktif dalam tiga dimensi
- Bisa digunakan pada World Wide Web
- Object-Oriented Programming Languages (OOP)
- berdasarkan objects – paket data dan instruksi mengenai apa yang harsu dilakukan oleh data tersebut bersama sama
- Examples: Java, C++, C#
- Unified Modeling Language (UML)- modeling tool untuk object-oriented systems
Tidak ada komentar:
Posting Komentar